Program Pengadilan Agama Tangerang

Salah satu program prioritas Peradilan Agama adalah justice for all yang terdiri dari :

1.      Perkara prodeo;

Alasan dasar pemberian ijin berperkara secara prodeo adalah karena alasan kemanusiaan, keadilan umum dan pemberian hak dan kesempatan bagi orang miskin untuk memperhatikan hak dan kepentingannya di pengadilan secara cuma - cuma, dan Implementasinya pelayanan perkara secara cuma - cuma (prodeo) bagi masyarakat miskin. Adapun perkara prodeo pada Pengadilan Agama Tangerang pada Tahun 2016 dialokasikan untuk 75 perkara.

 

2.      Sidang keliling;

Sidang keliling adalah sidang pengadilan yang dilaksanakan di luar gedung pengadilan yang diperuntukan bagi masyarakat yang mengalami hambatan untuk datang ke kantor pengadilan karena alasan jarak,transportasi dan biaya. Selama ini pelaksanaan pelayanan bantuan hukum yang telah dikerjakan berdasarkan Surat Edaran Mahkamah Agung No. 10 Tahun 2010.

Pengadilan Agama Tangerang untuk tahun anggaran 2016 akan melaksanakan sidang keliling dan sidang terpadu.

 

3.      Pos Bantuan Hukum; 

Bagi masyarakat yang tidak mampu di lingkungan Peradilan Agamamenurut SEMA No. 10 Tahun 2010 terdapat tiga bentuk bantuan hukum, ketiga layanan tersebut adalah berperkara secara prodeo, sidang keliling dan pembentukan posbakum di setiap Pengadilan Agama. Sebagai pranata baru di Peradilan Agama, Posbakum merupakan implementasi amant Pasal 60 (c) Undang - undang No. 50 Tahun 2009 yang mewajibkan pembentukan pos bantuan hukum pada setiap Pengadilan Agama / Mahkamah Syar’iyah untuk pencari keadilan yang tidak mampu dalam memperoleh bantuan hukum, terutama yang tidak mampu membayar jasa advokad.

 

Jenis jasa hukum yang diberikan pada Posbakum di Pengadilan Agama adalah memberi informasi, konsultasi, advis dan pembuatan surat gugatan / permohonan. Pemberi jasa hukum yang bertugas di Posbakum adalah pihak luar pengadilan (advokat, Sarjana Hukum dan Sarjana Syariah) yang berasal dari organisasi bantuan hukum dari unsur asosiasi profesi advokat, perguruan tinggi dan LSM)