Presentasi Paper 12 Cakim di Pengadilan Agama Tangerang

TANGERANG | pa-tangerangkota.go.id

 

Calon Hakim (Cakim) Magang Pengadilan Agama Tangerang melaksanakan presentasi paper sebagai tugas akhir magang I, Jumat (23/11/2018). Bertempat di ruang sidang utama para Mentee (sebutan cakim magang) mempresentasikan karya tulisnya. Karya tulis para Mentee tersebut seputar permasalahan administrator di Pengadilan Agama Tangerang. Hal tersebut sesuai dengan materi magang I dalam Program Pendidikan dan Pelatihan Calon Hakim (PPC) Terpadu angkatan III 2018. Dalam ruang diskusi tersebut dihadiri oleh tiga Mentor dan dua belas Mentee. Para Mentor tersebut adalah Hakim Pengadilan Agama yaitu Hj, Musidah, S.Ag., M.H.I., Drs. Moch, Tadjuddin, M.H. dan Dra. Aprin Astuti., M.S.I.

Diskusi paper yang dilaksanakan di minggu ke-12 magang cakim ini dimulai pada pukul 09.00 WIB dan dibuka oleh Mentor Hj. Musidah, S.Ag., M.H.I.  Para Mentee diberi kesempatan mempresentasikan papernya dengan durasi 15 menit menggunakan slide powerpoint (PPT). Setelah itu dibuka sesi tanya jawab oleh Mentee lainnya. Berikut judul paper para Mentee sesuai dengan urutan presentasi:

1.  “Pelaksanaan Minutasi Berkas Perkara Yang Disusun Secara Kronologis Pada Pengadilan Agama Tangerang” oleh  Suryadi S.Sy.

2.  “Optimalisasi Mediasi di Pengadilan Agama Tangerang Sebagai Alternatif Penyelesaian Sengketa” oleh Istiqomah Sinaga, S.H.I.

3.  “Efektifitas Pengelolaan Arsip Perkara Digital Pada Pengadilan Agama Tangerang” oleh Martina Purnanisa Lc.

4.  “Penertiban Antrian Pelayanan Dengan Aplikasi e-Perkara di Pengadilan Agama Tangerang” oleh Bayu Baskoro, S.Sy.

5.  “Validitas Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) Sebagai Persyaratan Penerima Layanan Bantuan Hukum Di Pengadilan” oleh Fathul Mujib, S.H.I.

6.  “Efektifitas SIPP Terhadap Peningkatan Kinerja Tenaga Fungsional Pengadilan Agama Tangerang” oleh Alimah Aini, S.H.I.

7.  “Hubungan Praktek Konsinyasi di Pengadilan Agama Tangerang Dengan Implementasi Perma Nomor 3 Tahun 2017” oleh Soffatul Fuadiyyah, S.H.

8.  “Pelaksanaan ‘One Day Minutation’ di Pengadilan Agama Tangerang” oleh Widya Alia, S.H.I

9.  “Efektifitas Panggilan Ghoib Melalui Papan Pengumuman Dan Radio Star FM (Studi Di Pengadilan Agama Tangerang)”oleh M. Aulia Ramdan D, S.Sy.

10. “Pengaruh Beban Kerja Terhadap Pencapaian Target Organisasi Peradilan Agama” oleh Ishlahul Umam S.Sy.

11.  “Urgensi Pemahaman Protokoler Bagi Pimpinan dan Hakim Pengadilan Agama Tangerang Kelas I.A” oleh Abdul Manan, Lc.

12. “Analisis Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan di Ruang PTSP PA Tangerang Menggunakan Metode Service Quality (Servqual)” oleh Zainul Hal, S.Sy.

 

Presentasi paper yang merupakan salah satu tugas akhir magang I ini diharapkan dapat mengangkat permasalahan yang ada di Pengadilan Agama Tangerang sekaligus memberikan solusi untuk perbaikan Pengadilan Agama Tangerang. Hal ini dipertegas oleh salah satu Mentor Drs. Moch. Tadjuddin, M.H. dan diamini oleh seluruh Mentor lainnya “Tulisan paper Mentee dapat diusulkan pada Sekretaris atau Panitera untuk dijadikan masukan demi perubahan Pengadilan Agama Tangerang menjadi Pengadilan Agama Tangerang yang lebih baik.” ujar beliau. (WA/ffn)