Uji Petik Reformasi Birokrasi Pada Pengadilan Agama Tangerang

Dalam rangka Uji Petik Reformasi Birokrasi, Pengadilan Agama Tangerang mendapat kunjungan resmi dari tim Reformasi Birokrasi Mahkamah Agung RI pada Senin (22/10/2018). Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Ketua Pengadilan Agama Tangerang Dr. Ahmad Mujahidin, S.H., M.H. berlangsung di Ruang Aula Cakra Pengadilan Agama Tangerang yang dihadiri oleh Tim Reformasi Birokrasi Mahkamah Agung RI, segenap unsur pimpinan, Hakim, Staf dan Pegawai serta Calon Hakim Pengadilan Agama Tangerang. Kegiatan tersebut akan diselenggarakan selama 2 hari, dari Senin hingga Selasa 22-23 Oktober 2018.

Reformasi Birokrasi merupakan upaya pemerintah untuk mencapai Pemerintahan yang baik (good governance) yang dilatarbelakangi dengan peristiwa krisis ekonomi yang terjadi pada tahun 1997. Sehingga pada tahun 1998 dilakukan kampanye Good Governance yang berorientasi pada perbaikan kinerja birokrasi. Reformasi Birokrasi secara normatif diatur dalam Perpres N0. 81/2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi tahun 2010-2025, PerMenPAN Reformasi Birokrasi No. 20/2010 tentang Roadmap Reformasi Birokrasi Tahun 2010-2014, PerMenPAN Reformasi Birokrasi No. 11/2015 tentang Roadmap Reformasi Birokrasi Tahun 2015-2019.

Refomasi Birokrasi bersifat wajib yang merujuk pada Nawa Cita Pemerintahan Joko Widodo dalam rencana pembangunan jangka menengah yang berorientasi pada pembangunan tata kelola pemerintahan untuk mewujudkan pemerintahan yang baik, bersih dan terpercaya. Kegiatan Uji Petik Reformasi Birokrasi ini dihadiri langsung oleh Ketua Tim Reformasi Birokrasi Mahkamah Agung RI Jeanny HV Hutauruk, S.E., M.M., A.K., C.A. yang sekaligus menyampaikan materi tentang Reformasi Birokrasi Dalam Rangka Mewujudkan Good Governance Pada Mahkamah Agung dan Badan Peradilan. Kegiatan tersebut disambut antusias oleh unsur Pimpinan, Hakim, staf dan Pegawai serta calon Hakim Pengadilan Agama Tangerang dengan harapan  agar Pengadilan Agama Tangerang menjadi percontohan dan mendapat nilai yang baik.