Kunjungan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat ke Pengadilan Agama Tangerang

TANGERANG | pa-tangerangkota.go.id

ket. foto : Ketua Pengadilan Agama Tangerang bersama Para Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kota Tangerang 


Sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Kota Tangerang melakukan kunjungan insidentil ke Kantor Pengadilan Agama Tangerang, Kamis (07/09/2018). Anggota DPR tersebut berjumlah tiga orang dari perwakilan partai yang berbeda, kebetulan yang datang semuanya adalah perempuan. Para Ibu yang telah mengabdi menjadi wakil rakyat tersebut disambut oleh Ketua Pengadilan Agama Tangerang Dra. Hj. Muhayah, S.H., M.H. dan Panitera Pengadilan Agama Tangerang Drs. Mukhtar serta Kasubbag Perencanaan, Teknologi Informasi dan Pelaporan Fetty Fatihatun Najihah, S.H.I.

Dalam perbincangan yang santai namun intens, Muhayah mengajak agar anggota dewan dapat lebih memperhatikan hak masyarakat yang tidak mampu untuk mengakses keadilan (justice for all) sebab masih banyak masyarakat yang tidak cakap hukum dan tidak mampu membayar biaya perkara apalagi menyewa advokad/pengacara, caranya antara lain dengan mengadakan kerjasama antara DPR dan lembaga pengadilan, khususnya peradilan agama. Misalnya mengadakan sidang keliling, sosialisasi hukum, pembebasan biaya berperkara, dll.. Meskipun pada peradilan telah ada program posbakum dan pembebasan biaya perkara namun tidak semua mendapatkan anggaran tersebut karena terbentur dengan jumlah anggaran yang minim.

Usai bincang-bincang, para tamu diajak berkeliling untuk melihat ruang pelayanan, ruang ibu dan anak dan ruang tunggu kantor Pengadilan Agama Tangerang. "Ruang tunggunya sangat sempit, terutama saat antrian sidang, crowded. Mudah-mudahan pemerintah Kota Tangerang dapat memperhatikan kami, sudah waktunya Kantor Pengadilan Agama Tangerang yang menerima dan melayani masyarakat dengan jumlah perkara rata-rata 3.000 perkara dalam setahun ini gedungnya dipindahkan tempat ke tempat yang lebih luas," ujar Muhayah yang diamini oleh para anggota dewan. (ffn)