Tadarus Jama’ah dan ODOH (One Day One Hadist) Terakhir di Pengadilan Agama Tangerang

TANGERANG | pa-tangerangkota.go.id

Menutup hari akhir kerja di bulan Ramadhan 1439 H., aparatur Pengadilan Agama Tangerang melakukan tadarus berjama’ah dan kajian hadist di lobby atas lantai II Pengadilan Agama Tangerang, Jum’at (08/06).

Drs. H. M. Slamet Turhamun, S.H., M.H. yang menjadi pemateri memaparkan sebuah hadist panjang tentang Iman, Islam, dan Ihsan. Pada hadist yang diriwayatkan oleh Imam Muslim tersebut, Islam adalah bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah dan Muhammad adalah Rasulullah, mendirikan shalat, mengeluarkan zakat, berpuasa di bulan ramadhan, dan berhaji ke baitullah (jika mampu). Sedangkan Iman adalah percaya/iman kepada Allah, para malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, hari kiamat, dan takdir baik maupun buruk, dan terakhir, dijelaskan bahwa Ihsan adalah beribadah kepada Allah seakan-akan engkau melihat-Nya, jika engkau tidak dapat melihat-Nya, sesungguhnya Allah melihat engkau.

Sebelum sesi tadarus berakhir, Ketua Pengadilan Agama Tangerang Dra Hj. Muhayah, S.H., M.H.memberikan amanat sebagai berikut :

1. Bahwa ramadhan akan segera berakhir, namun diharapkan semangat ramadhan tidak luntur meski di hari libur. Kerjakanlah kegiatan yang menambah kebaikan/pahala, seperti shalat berjama’ah, sedekah, membaca Al-Qur’an, membaca buku, i’tikaf di masjid, mudah-mudahan mendapat lailatul qadar.

2. Program Ramadhan (tadarus dan ODOH) merupakan kebijakan pimpinan/regulasi yang bertujuan untuk menyeimbangkan ritme manusia yang bekerja mencari dunia untuk tidak melupakan akhirat. Aparatur diharapkan menjaga niat dalam melaksanakan Kegiatan Ramadhan (Tadarus dan ODOH)  maupun suatu kegiatan lainnya. “Niatkan dalam hati, bahwa saya melakukan ini karena Allah, jika niatnya karena pimpinan, maka akan rugi sendiri”.

3. Mewakili para pimpinan Pengadilan Agama Tangerang, Ibu minta maaf sebesar-besarnya apabila ada tutur kata, tingkah laku, maupun kebijakan ibu yang dirasa kurang pas.

Sebelum mengakhiri amanatnya, Muhayah membacakan nama-nama pegawai yang komitmen dan konsisten mengikuti kegiatan ramadhan antara lain yang meraih poin kehadiran tertinggi Drs. H. Bustanuddin Jamal, S.H., M.H., Dra. Hj. Musidah, S.Ag., M.H.I., dan Hikmah Nurmala dengan perolehan 12 poin/kehadiran, dan mengapresiasi seluruh jama’ah yang menyempatkan waktunya untuk mrngikuti kegaiatan selama bulan ramadhan. Acara ditutup dengan penyerahan award bagi Ketua DKM Drs. Uki dan Bendahara DKM Musolla Al-Mahkamah Hj. Musta’inah, S.Pd.I., S.Sy. (/ffn)