e-Perkara ramaikan stand Badilag di Kampung Hukum 2018

Jakarta | pa-tangerangkota.go.id

e-Perkara; sebuah Inovasi Pengadilan Agama Tangerang mendapatkan kesempatan untuk memamerkan menu dan fitur-fitur andalan dalam melayani pihak berperkara di Stand Badan Peradilan Agama (Badilag) pada Pameran Kampung Hukum Mahkamah Agung 2018, Jakarta Convention Center, Jum’at (1/3). Tak sendiri, Pengadilan Agama Tangerang juga berkolaborasi dengan Pengadilan Agama Purwakarta dan Pengadilan Tinggi Agama Bandarlampung meramaikan stand Badan Peradilan Agama tersebut.  Masing-masing  memamerkan inovasi pelayanan peradilan agama yang modern seperti e-perkara dari PA Tangerang, Siansidi dari PA Purwakarta dan Silara dari PTA Bandarlampung. Ketiga inovasi tersebut dipamerkan kepada pengunjung yang mayoritas siswa, mahasiswa, dan masyarakat luas.



Dengan memamerkan 3 menu inovasi yang mengusung tema “Modernisasi Pelayanan Peradilan Agama”, stand badilag mendapatkan respon positif dari Drs. H. M. Hatta Ali, S.H., M.H., Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia. Usai mendengarkan penjelasan singkat, putera daerah Sulawesi Selatan yang menjadi Ketua Mahkamah Agung Ke-13 itu, menyempatkan diri untuk mencicipi pengambilan antrian posbakum pada Kios K yang telah ditanam sistem e-perkara dipandu oleh Irvan Yunan, S.H. mewakili Tim TI Pengadilan Agama Tangerang, kemudian beliau juga praktek simulasi antrian persidangan dengan scan wajah pada SIANSIDI,  dan scan barcode kartu SILARA.




Pameran Kampung Hukum 2018 merupakan salah satu rangkaian acara Sidang Pleno Laporan Tahunan Mahkamah Agung Republik Indonesia Tahun 2017. Selain untuk menyampaikan kinerja Mahkamah Agung selama setahun, kegiatan ini juga bertujuan untuk membangun komunikasi dan interaksi antar kementrian/lembaga dan publik.



Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Kampung Hukum 2018 dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dan diramaikan 19  kementrian/lembaga terkait hukum dan satuan kerja eselon I pada Mahkamah Agung Republik Indonesia (ffn).