Pengadilan Agama Tangerang Menyambut Delegasi Kementerian Kehakiman Arab Saudi (Supreme Judicial Council/SJC) di Indonesia

Tangerang | pa-tangerangkota.go.id (24/2/2018), 

Pengadilan Agama Tangerang ditunjuk oleh Badan Peradilan Agama untuk menjadi tuan rumah  dalam menyambut kedatangan Delegasi Kementerian Kehakiman Arab Saudi (Supreme Judicial Council/SJC). Menggunakan pesawat Saudi Airlines, delegasi yang dipimpin oleh YM Abdullah bin Abdul Aziz Ali Faryan (Hakim Agung Senior/Ketua Pengadilan Banding Arab Saudi) tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Sabtu kemarin (24/2) pukul 14.00 dan diterima oleh tuan rumah (Ketua PA TAngerang),  Ketua Kamar Agama, Dirjen Badilag, Ketua PTA Banten,Ketua PTA Jakarta, dan Ketua PA Se-Jakarta, Bekasi, Cibbinong dan Depok. 



Dalam kunjungannya kali ini, YM Abdullah bin Abdul Aziz Ali Faryan didampingi oleh

YM Syaikh Faishal bin Abdullah Alfauzan dan YM Syaikh Misy’al bin Sa’ad Al Askar (Keduanya adalah hakim banding pada SJC) Biro Kerjasama Internasional SJC Mr. Waliid bin Hammad Al Waliid dan Koordinator Public Relation SJC Mr. Mansur bin Sa’ad bin Sa’id.

Sebelum menuju penginapan, delegasi  duduk bersama Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama, Ketua Kamar Agama, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Banten, dan Ketua Pengadilan Agama Tangerang  di VIP Room berbincang tentang selayang pandang regulasi peradilan agama di Indonesia dan di Arab Saudi sambil melepas lelah dan menikmati jamuan yang telah disediakan.

Foto atas : Ketua Kamar Agama MA RI - Para Hakim Saudi Arabia. Foto bawah : Dirjen Badilag, Ketua PTA Banten, Penerjemah dari Badilag, Ketua PA Tangerang (Kiri ke kanan). Duduk bersama untuk berbincang tentang proses hukum di Indonesia dan Arab Saudi di VIP Room Bandara Soetta (24/2).

Dilansir dari badilag.mahkamahagung.go.id, delegasi dijadwalkan akan menghadiri laporan tahunan (annual report) Mahkamah Agung RI yang akan dilaksanakan Kamis depan, 1 Maret 2018 di Jakarta Convention Center (JCC). Sebelum menghadiri laporan tahunan, Minggu (25/2) delegasi dijadwalkan akan mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Esoknya, Senin (26/2) giliran Pengadilan Agama Jakarta Selatan yang akan menerima kunjungannya. Di hari yang sama, siangnya delegasi akan berkunjung ke MahkamahaAgung RI. Dijadwalkan, delegasi akan disambut oleh Ketua Mahkamah Agung Prof. Dr. H. M. Hatta Ali, S.H., M.H.

Selasa, (27/2) delegasi akan memberikan kuliah umum kepada Ketua PTA/MS Aceh dan Ketua PA ibukota propinsi/Ketua MS Banda Aceh. Acara akan diselenggarakan di Gedung Sekretariat Mahkamah Agung RI. Kuliah umum juga akan disampaikan di Balitbang Diklat Kumdil, Megamendung, Bogor, Rabu ( 28/2).

 Usai perhelatan laporan tahunan dan Pameran Kampung Hukum 2018 di JCC, esoknya Jumat 2 Maret 2018, delegasi Arab Saudi akan mengunjungi Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Delegasi juga dijadwalkan akan melaksanakan shalat Jumat di Masjid Istiqlal, Jakarta. Delegasi dijadwalkan akan bertolak kembali ke Arab Saudi pada Sabtu 3 Maret 2018 (ffn).