MENUJU PERADILAN YANG MODERN, PENGADILAN AGAMA TANGERANG LAUNCHING E-PERKARA

TANGERANG, pa-tangerangkota.go.id

Pengadilan Agama Tangerang mengadakan acara “launching” inovasi aplikasi untuk penanganan perkara dan pelayanan pengadilan (9/2) bertempat di Aula Cakra Pengadilan Agama Tangerang. Inovasi hasil karya anak bangsa (Tim TI Pengadilan Agama Tangerang) tersebut dilaunching dengan nama e-Perkara dengan tagline “Penunjang Administrasi Peradilan Yang Modern”.

 
Generasi milenial masa kini menuntut

pelayanan yang cepat, efektif dan efisien. Hal inilah yang menginspirasi Pengadilan Agama Tangerang untuk membuat suatu inovasi bernama e-Perkaraungkap Ketua Pengadilan Agama Tangerang Dra. Hj. Muhayah, S.H., M.H. dalam sambutannya.

 

Ia pun mengutip apa yang disampaikan oleh Professor Jimly Asshidiqie, Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi yag mengatakan bahwa Peradilan dapat dikatakan modern jika memenuhi 4 unsur, pertama hakim-hakim yang tercerahkan, kedua pengelolaan administrasi yang modern, ketiga pengembangan sumber daya manusia dan keempat, sistem informasi hukum.

 

“Keempat hal tersebut, sejalan dengan cita-cita Pengadilan Agama Tangerang yang berupaya menuju peradilan modern dalam mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat, dan e-Perkara adalah sebuah aplikasi pengolah data pada aplikasi SIPP yang bertujuan untuk menuju peradilan modern dan menciptakan pelayanan PRIMA bagi masyarakat.” Jelas Muhayah.

 

“e-Perkara merupakan suatu inovasi aplikasi penunjang administrasi peradilan yang modern berbasis web dan android. Maksudnya adalah, aplikasi ini tidak hanya dapat diakses di Pengadilan Agama saja, namun juga dapat diakses oleh para pencari keadilan secara mobile, dimana saja dan kapan saja, melalui ponsel.” Ujarnya lagi.

 

Ketua Pengadilan Tinggi Agama Banten, Drs. H. Ahmad, S.H., M.H. sangat mengapreasiasi atas dilaunchingnya e-Perkara. Bagi Ahmad, inovasi ini adalah buah karya para generasi muda yang tentunya akan sangat bermanfaat dalam menunjang administrasi perkara. Namun Ahmad juga mengingatkan bahwa aplikasi ini hanyalah suatu teknologi, tetap saja yang berperan penting adalah ORANGNYA/SDM-nya. Teknologi secanggih apapun, tidak akan jalan jika aparaturnya tidak mau menggunakan.

 

“PTA Banten, sejak September 2017 telah membentuk suatu tim khusus berisi para admin TI seluruh peradilan agama Se-Wilayah PTA Banten bernama Tim SIJAWARA. Sejak dibentuk tim ini telah melahirkan 14 inovasi dan e-Perkara ini adalah salah satu inisiasinya”. Ujar Ahmad.

 

Sebelum Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Agama Badilag MA RI—Dr. Hasbi Hasan, M.H. menyampaikan sambutan, panitia memutar video promosi e-Perkara terlebih dahulu. Usai pemutaran, Hasbi menyampaikan apresiasinya terhadap inovasi Pengadilan Agama Tangerang (e-Perkara) dan menyampaikan bahwa sebenarnya Badan Peradilan Agama sedang berupaya untuk mengintegrasikan seluruh inovasi dari Peradilan Agama Se-Indonesia dengan SIPP.

 

“Seluruh Inovasi akan disatukan dengan integrated system sehingga ke depan, tiada lagi ego sektoral, hanya ada satu aplikasi nasional untuk semua.” Ujar Hasbi. Dosen Ilmu Hukum tersebut juga mengungkapkan bahwa saat ini Badilag sedang mengupayakan “register elektronik” untuk mengganti register manual, electronic court, dan mengubah pelaporan biasa menjadi sederhana.

 

Hasbi kemudian meresmikan e-Perkara dengan menekan tombol sirine dan membuka tabir Kios K “e-Perkara”, bersama Ketua Pengadilan Tinggi Agama Banten beserta jajarannya, Ketua dan Wakil Pengadilan Agama Tangerang, dan Walikota Tangerang yang diwakili ASDA II Ekbang (Dr. Mukhtarom).




Turut hadir pula dalam acara ini, Panitera Muda Perdata Agama MA RI, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Banten beserta jajarannya, Ketua Pengadilan Negeri Tangerang, Ketua Pengadilan Agama Depok, Walikota Tangerang, Ketua Pengadilan Agama Se-Wilayah Pengadilan Tinggi Agama Banten, Kepala Kemenag Kota Tangerang, Kepala Dinas Kominfo Kota Tangerang, Kepala Dinas Dukcapil Kota Tangerang, Kepala BRI Cabang Tangerang, Kepala Kantor Pos Kota Tangerang, Pimpinan Bank Jabar Syariah Kota Tangerang, Wakil Ketua Pengadilan Agama Tangerang, Para Asisten / Panitera Pengganti Kamar Peradilan Agama MA RI,  Pimpinan Pos Bantuan Hukum Peradi Tangerang dan Pos Bantuan Hukum Keadilan dan Kedaulatan Rakyat, Pers dan Tim SIJAWARA (Admin TI) Se-Wilayah Pengadilan Tinggi Agama Banten. (ffn)