POSBAKUM HARUS BAPER

Tangerang | pa-tangerangkota.go.id – Ketua Pengadilan Agama Tangerang Dra. Hj. Muhayah, S.H., M.H. mengadakan Rapat Koordinasi bersama Tim Posbakum LBH Peradi Banten dan LBH Keadilan dan Kedaulatan Rakyat (4/1) untuk mengintensifkan pelayanan bagi pencari keadilan yang tidak mampu maupun yang tidak memiliki kecakapan hukum.

“Saya mohon agar sesibuk apapun dalam melayani masyarakat, tim posbakum harus baper!” Ujar Muhayah sambil mengutip bahasa popular yang sedang hits di kalangan milenial.


“Baper disini adalah,bawa perasaan. Posbakum harus mampu menyatu perasaannya dengan pencari keadilan.” Ujar Muhayah. “Coba, posisikan diri anda sebagai pencari keadilan, sudah jauh-jauh datang ke pengadilan, berlinang air mata dan beban yang sangat berat, namun karena ketidaktahuan dan kurang mendapat informasi, harus kembali pulang, tentu sangat disayangkan. Nah, di sanalah peran posbakum sangat krusial dan penting sebagai mitra Pengadilan Agama Tangerang dalam memberikan informasi yang seluas-luasnya kepada masyarakat.” Ujarnya lagi.

Selain rapat mengenai hal-hal yang berkaitan dengan teknis posbakum bagi pencari keadilan di Pengadilan Agama Tangerang yang diarahkan oleh Ketua dan Wakil, Panitera Drs. Mukhtar, M.H. dan Panitera Muda Permohonan H. Fathullah, S.H., M.H., kedua tim juga diberikan materi tentang cara membuat gugatan umum dan khusus oleh Wakil Ketua Drs. H. Slamet Turhamun, M.H. serta cara menangani konsultasi masyarakat yang terlibat dalam kasus waris, itsbat nikah, pengajuan izin poligami, maupun yang bersengketa dalam perkara ekonomi syari’ah.

Kedua tim posbakum sangat antusias dalam menyimak arahan dari Ketua maupun Wakil Ketua, sehingga saat diberikan waktu, mereka berebut untuk bertanya dan berdiskusi. Rapat ini juga dihadiri oleh Kasubbag Perencanaan, IT dan Pelaporan Fetty Fatihatun Najihah, S.H.I. yang menerangkan soal aplikasi baru untuk mempermudah kinerja posbakum yang telah ditanam pada KIOS K, sehingga dapat mesin cetak antrian persidangan yang tersedia berdampingan dengan cetakan antrian meja 1 dan persidangan melalui KIOS-K yang terpampang di depan meja informasi.

“Semoga dengan rapat koordinasi ini, dapat terjalin kerjasama yang baik di antara kita. Saya percaya kepada tim posbakum yang hadir hari ini adalah tim terpilih yang telah lulus seleksi. Saya juga percaya bahwa kedua tim akan mampu bekerja dengan baik, jujur, bersih, cepat dan tepat serta mengedepankan pelayanan yang prima.” Ucap Muhayah sebelum menutup rapat.(/ffn)