logotng

on . Hits: 43

Diwawancara DPRD ttg RUU Hukum Materiil PerkawinanDiwawancara DPRD ttg RUU Hukum Materiil Perkawinan 1

 

TANGERANG, pa-tangerangkota.go.id - Ketua Pengadilan Agama Tangerang Buang Yusuf berpartisipasi dalam penelitian kelompok tentang Urgensi Pembentukan RUU Tentang Hukum Materiil Perkawinan”. Penelitian yang diselenggarakan oleh Kepala Pusat Penelitian Sekretariat Jenderal DPR RI  tersebut dilakukan secara aktif dengan melakukan wawancara langsung di Ruang Kerja Ketua Pengadilan Agama Tangerang, Jum'at (11/09/2020).

Pada pertemuan sekaligus wawancara yang juga dihadiri oleh Wakil Ketua Cik Basir dan Hakim Pengadilan Agama Tangerang Musidah dan Panitera Dedeh Hotimah tersebut, tengah didiskusikan secara terbuka mengenai pasal-pasal dalam Undang-Undang No. 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan dan Kompilasi Hukum Islam (KHI) terutama soal urgensi pencatatan perkawinan yang hendak dimasukkan ke dalam syarat perkawinan dan sanksi bagi yang tidak mengindahkannya.

Buang Yusuf berpendapat bahwa akan adanya sanksi kriminal bagi masyarakat yang tidak mengindahkan pencatatan perkawinan hendaknya dikaji ulang, apabila sanksi diperlukan maka sanksi administratif dirasa lebih tepat. Sedangkan untuk urgensi pencatatan perkawinan yang hendak dimasukkan ke dalam syarat perkawinan patut dipertimbangkan sebagai ketertiban dan perlindungan atas hak perempuan dan anak-anak. (FFN)

Add comment


Security code
Refresh

Selamat Datang