logotng

on . Hits: 132

TANGERANG | pa-tangerangkota.go.id
WhatsApp Image 2019 11 21 at 22.05.22Pengadilan Agama Tangerang menggelar "Simulasi Tanggap Darurat Kebakaran" bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang, Kamis, (21/11/2019) di aula dan halaman parkir Pengadilan Agama Tangerang. 

Acara yang diikuti oleh seluruh warga Pengadilan Agama Tangerang tersebut menuai respon yang sangat positif sebab selain memberikan materi tentang api dan bagaimana bahayanya bencana kebakaran dan tanya jawab, Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang juga langsung mempraktekkan bagaimana mematikan api saat terjadi di lapangan mulai dengan tangan kosong, karung goni basah sampai dengan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) tergantung bagaimana jenis kelas api, akah masuk jenis api kelas A, B, C atau D. 

WhatsApp Image 2019 11 21 at 22.05.56

Jenis tipe api dapat digolongkan sebagai berikut :

  • Jenis Api kelas A adalah Benda Padat (Kain, Kayu, Kertas)
  • Jenis Api kelas B adalah Benda Cair (Minyak, Bensin, Solar)
  • Jenis Api kelas C adalah Benda Gas (Elpiji, Tinner)
  • Jenis Api kelas D adalah Logam (Magnesium, Misiu)
  • Jenis Api kelas E adalah Elektrikal (Dinamo, Motor Listrik)

Jadi ketika membeli alat pemadam api, pastikan untuk mengetahui "agent' atau isi APAR (Alat Pemadam Api Ringan) sesuai dengan lingkungan terlebih dahulu. Alat seperti APAR dengan agent powder dapat mematikan api dengan kelas api A, B, C dan E. 

WhatsApp Image 2019 11 21 at 22.05.23

Ketua Pengadilan Agama Tangerang, Dr. Ahmad Mujahidin, S.H., M.H. mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi pegawai, tidak hanya agar pegawai mengetahui cara menggunakan APAR yang ada di kantor, tetapi juga belajar bagaimana menangani bencana kebakaran di rumah, misalnya ketika memasak dengan kompor gas, selain itu alhamdulillah respon kegiatan ini sangat baik, bahkan ketika praktek di lapangan, masyarakat sekitar Pengadilan Agama Tangerang juga tertarik dan bergabung untuk mengikuti kegiatan ini. (FFN)

 


Add comment


Security code
Refresh

Selamat Datang