logotng

on . Hits: 24

Sosialisasi BMN Sept 2019 Dzul dan Ika

 

SERANG | pa-tangerangkota.go.id


Dua aparatur Pengadilan Agama Tangerang, Dzul Fadlli Hidayat, S.T., M.M., dan Ustwah Ika Safitri, S.E., mengikuti kegiatan Sosialisasi Kebijakan Pengelolaan Barang Milik Negara di Lingkungan Mahkamah Agung RI Tingkat Korwil Jakarta dan Banten selama 3 hari di Hotel Le Dian, Serang mulai 16 - 21 September 2019.

Selain memuat materi tentang pengelolaan Barang Milik Negara dengan narasumber dari KPKNL, juga dilakukan sosialisasi penggunaan aplikasi SIPERMARI (Sistem Informasi Perlengkapan Mahkamah Agung RI), yang telah diresmikan 6 Juli 2019 lalu oleh Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia, Yang Mulia Prof. Dr. H. Muhammad Hatta Ali, SH., M.H.

Aplikasi SIPERMARI ini akan dipergunakan oleh Mahkamah Agung dan badan-badan peradilan dibawahnya untuk menatausahakan aset berupa Barang Milik Negara (BMN) agar terwujud tertib administrasi, tertib fisik/pengelolaan dan tertib hukum. 

Pada dasarnya Kementerian Keuangan telah mempersiapkan aplikasi untuk penausahaan Barang Milik Negara (BMN), yakni aplikasi SIMAN (Sistem Informasi Manajemen Aset Negara). Hanya saja, aplikasi tersebut bersifat umum dan dipakai oleh seluruh kementerian dan lembaga, sehingga tidak dapat mengakomodir kebutuhan-kebutuhan khusus dalam pengelolaan aset di Mahkamah Agung dan badan-badan peradilan di bawahnya. Sebagaimana dilansir dari mahkamahagung.go.id.

Karena aplikasi penatausahaan BMN tersebut dikembangkan oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Karena itu, pengembangan aplikasi SIPERMARI ini, MA bekerja sama dan perlu mendapat persetujuan dari Kemenkeu. Dalam hal ini, Direktur Barang Milik Negara dari sisi kebijakan data laporan BMN; Direktur Pengelolaan Kekayaan Negara dan Sistem Informasi (PKNSI) dari sisi aplikasi SIMAN; Kepala Pusat Informasi dan Teknologi dari sisi koneksi dan alur data base BMN.

“Alhamdulillah, setelah mengikuti kegiatan ini, ilmu pengetahuan kami tentang bagaimana cara mengelola BMN agar lebih efektif dan efisien, bertambah lagi, salah satunya dengan SIPERMARI.” Ujar Operator SIMAK BMN Pengadilan Agama Tangerang; Ustwah Ika Safitri.

“Ada 5 manfaat aplikasi SIPERMARI. Pertama, sebagai pengolah data BMN secara akurat yang bersifat terperinci. Kedua, dapat dipergunakan sebagai sarana pengawasan dan pengendalian atau monitoring dan evaluasi BMN. Ketiga, dapat dipergunakan untuk pelaporan dan pencetakan data BMN. Keempat, dapat dipergunakan sebagai bahan pertimbangan pimpinan untuk mengambil kebijakan terkait alokasi anggaran untuk perencanaan, pengadaan, dan pemeliharaan aset. Kelima, dapat dipergunakan sebagai wahana informasi bagi publik dan stakeholder terkait data aset yang digunakan satuan kerja di MA dan badan-badan peradilan di bawahnya.” tambah Sekretaris Pengadilan Agama Tangerang; Dzul Fadlli Hidayat.

Kepala Biro Perlengkapan Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung RI, Rosviana, S.H., M.H., dalam sambutannya saat membuka acara, menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan agar menjadi media informasi yang memudahkan pimpinan pusat dan daerah untuk memonitoring data aset satker serta menguatkan komitmen Mahkamah Agung untuk mewujudkan era baru peradilan modern berbasis teknologi informasi. Komitmen ini bagian dari usaha Mahkamah Agung untuk mewujudkan Badan Peradilan Indonesia yang Agung sebagaimana termuat dalam Cetak Biru Pembaruan Peradilan 2010-2035. (FFN/Foto : Ika)

Add comment


Security code
Refresh

Selamat Datang